Kamis, 28 April 2011

Pesan Hari Tari Dunia 2011

Pesan Hari Tari Dunia 2011
29 April 2011

Bagian terbesar sejarah tari umat manusia terjadi di ruang terbuka. Orang-orang berkumpul di lapangan yang luas di tengah hutan, halaman desa, halaman gereja atau pintu masuk ruangan, untuk menikmati tari selama berjam-jam sampai selesai. Sekarang tari kebanyakan diadakan di ruang dansa, klub, teater, gedung sekolah, studio dan diskotik.

Tahun ini kami menganjurkan kembali ke   alam dengan memperingati Hari Tari Dunia di ruang terbuka, jalanan, alun-alun, halaman, stadion, pantai, halaman parker, hutan – di manapun di bawah kolong langit ini.
Mendorong gerak hati menari secara alamiah, para penari mengalami religiositas secara alamiah dengan cara mereka sendiri, mereka berhubungan dengan semesta dan merasakan sari tetesannya..
Sepanjang tahun kami mengajar tari, rehearsal, pentas di dalam empat dinding. Dedikasi pada hari istimewa ini, mari kita tandai perbedaan dengan berlatih, mengajar atau pentas dengan membiarkan tiap orang untuk melihat. Mungkin cuaca dingin dan hujan, lantai tentu tak cukup baik, angin membawa musik, tetapi indah dalam  gerakan dan wajah gembira akan membuat hati bahagia dari penglihatan penonton yang lalu-lalang.

Prof. Alkis Raftis
President of the International Dance Council CID
UNESCO, Paris

Sumber:
International Dance Council - CID - Conseil International de la Danse
UNESCO, 1 rue Miollis, FR-75732 Paris, France

Klik Url di bawah ini:

translated by agung pw
photo by fd.sukhmana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar