Senin, 03 Oktober 2011

Festival Kesenian Indonesia VII, 14-16 Oktober 2011

Tentang FKI

Indonesia memiliki pusat-pusat budaya yang tersebar di seluruh Nusantara. Pusat-pusat budaya tersebut bukan terbatas pada keraton-keraton atau pusat-pusat kekuasaan masa lampau, melainkan juga pada komunitas-komunitas masyarakat adat seperti komunitas-komunitas Dayak di Kalimantan, suku-suku yang mendiami lembah Baliem di Papua, Aceh, Riau (kepulauan), Mentawai, dan Nias, yang hingga kini masih sangat concern dalam menjaga dan mengembangkan tradisi kebudayaannya. Sebagai pusat-pusat budaya, sudah barang tentu pantas bila di sana juga berdiri sebuah perguruan tinggi seni.

Dunia memandang, bahwa kebudayaan gamelan (Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda, Bali, Lombok) adalah ikon kesenian Indonesia, karena telah beratus-ratus tahun lamanya dijadikan sasaran studi dan diberitakan secara luas ke seluruh penjuru dunia. Padahal, selain gamelan, bangsa Indonesia juga kaya akan musik lain yang penting, di antaranya musik vokal. Apabila pendidikan seni didasarkan atas seni vokal yang dimiliki oleh suku-suku bangsa Nusantara, maka aksesibilitas pendidikan seni tidak lagi terbatas di Solo, Yogya, Bandung, Jakarta, Denpasar, dan Padangpanjang, melainkan juga di seluruh persada Indonesia. Mereka, para pemilik Voice of the Archipelago, mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan guna mengembangkan seni yang dimilikinya sebagai harta budaya untuk mengokohkan jatidiri mereka masing-masing. Di era globalisasi ini jati diri menjadi sesuatu yang penting bagi sebuah bangsa/suku bangsa agar tetap eksis dan terpandang di planet ini.
Oleh karena lokus budaya dan situasinya berbeda-beda, maka bentuk pendidikan seni di masing-masing pusat budaya harus fleksibel, natural, dan dapat diterima masyarakatnya. Walaupun bentuknya berbeda-beda tetapi kiranya masing-masing mempunyai benang merah yang sama, yaitu berbasiskan kehidupan masyarakat, atau dapat disebut sebagai community college. Dalam hal ini para alumni pendidikan tinggi seni di Indonesia –terutama alumni pascasarjana yang memang dibekali untuk menumbuhkan kehidupan kesenian di daerah asalnya- dapat difungsikan sebagai agen bertumbuhnya community college ini di seluruh Indonesia.

Agenda acara:
Silahkan download di link ini Festival Kesenian Indonesia VII - 2011

Kontak:
Jl. Ki Hadjar Dewantara 19, Surakarta 57126
Jawa Tengah, Indonesia
Telepon 0271-647658, Fax 0271-646175
E-mail: info@festival-kesenian-indonesia.ne
Website: http://festival-kesenian-indonesia.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar