Senin, 26 Maret 2012

Pesan Hari Teater Dunia 2012 oleh John Malkovich





Hari Teater Dunia, 27 Maret 2012


Saya merasa terhormat telah diminta oleh International Theater Institute (ITI) di UNESCO untuk memberikan pesan  memperingati ulang tahun ke-50 Hari Teater Dunia. Saya akan menyampaikan pesan singkat saya ke sesama pekerja teater dan rekan-rekan:



“Semoga karya anda  menarik dan original. Semoga karya anda mendalam, menyentuh, kontemplatif, dan unik. Semoga karya anda membantu kita untuk merenungkan pertanyaan tentang apa artinya menjadi manusia, dan semoga perenungan itu  diberkati dengan hati, ketulusan, kejujuran, dan karunia. Semoga anda bisa  mengatasi kesulitan, sensor, kemiskinan dan nihilisme, karena tentu banyak dari anda berkewajiban melakukan hal tersebut. Semoga anda diberkati dengan bakat dan ketelitian untuk mengajarkan pada  kita tentang detak jantung manusia dengan segala kompleksitasnya, dan kerendahan hati serta rasa ingin tahu terhadap karya kehidupan anda. Dan yang terbaik dari anda,  hanya akan menjadi yang terbaik dari anda, dan itu pun hanya pada saat-saat paling langka dan singkat – keberhasilan dalam kerangka pertanyaan yang paling mendasar “bagaimana kita hidup?” Semoga berhasil. “

Tentang John Malkovich
John Malkovich adalah anggota pendiri dari Steppenwolf Theatre Company dan telah bekerja pada 33 produksi dengan kelompok teaternya sejak tahun 1976. Pada tahun 1983 ia memenangkan Obie untuk penampilannya di True West Sam Shepard. Tahun berikutnya, ia bermain dengan Dustin Hoffman di Broadway untuk menghidupkan lagi karya  Death of a Salesman, yang membuatnya mendapatkan penghargaan Emmy pada 1985, ketika karya itu dibuat menjadi karya film televisi. Ia menjadi terkenal di dunia film karena penafsirannya tentang Valmont in Dangerous Liaisons karya Stephen Frears, bersama Michelle Pfeiffer dan Glenn Close. Setelah bermain di karya Stephen Frears, ia membintangi lebih 70 film internasional. John Malkovich menerima nominasi Academy Award dalam karya Places in the Heart dan In the Line of Fire  dan bermain dalam versi dirinya pada karya Adaptation dan Being John Malkovich. Dia secara periodik kembali ke Chicago untuk berseniperan dan menyutradari, dan akhir-akhir ini ia terlihat dalan tour internasional terhadap karya Comedy: Confessions of a serial killer. Produksi ini dikelilingkan hampir  ke dua puluh negara dan ditampilkan perdana di Brooklyn Academy of Music, pada November 2011.  Dia juga menyutradarai produksi teater ketiganya di Paris yang berjudul  Les Liaisons Dangereuses, dipentaskan di Théâtre de l'Atelier, menyusul kesuksesan karya Hysteria (2002) dan The Good Canary (2007), dimana ia meraih Molière Award untuk kategori pemanggungan terbaik.

(translated by agung pw, source: www.iti-worldwide.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar