Minggu, 06 Mei 2012

Pesan Hari Museum Internasional, 18 Mei 2012


oleh The International Committee of Museum (Dewan Internasional Museum)

Tiap tahun, Komite Penasehat ICOM mengusulkan tema yang dapat diinterpretasi oleh museum untuk meningkatkan peran museum di hati masyarakat.  Adapun tema Hari Internasional Museum 2012 ini adalah Museums in a Changing World. New challenges, New inspirations. (Museum dalam Perubahan Dunia. Tantangan-tantangan Baru dan Inspirasi-inspirasi Baru).

Kini, dunia berubah lebih cepat dari sebelumnya. Teknologi baru menyampaikan ide-ide baru, gigabyte informasi, berita-berita iklim yang tak stabil meningkat, semuanya berbagi di media social. Museum modern harus berkompetisi untuk  suara audio terhadap kecepatan yang kuat dari latar belakang ini.
Museum Dalam Perubahan Dunia adalah pengakuan bahwa institusi dihadapkan dengan interpretasi dan eksistensi yang terus meningkat dan berubah-ubah.  Tiap institusi mungkin menghadapi keunikan tujuan, minat dan audiens.  Tetapi keperluan untuk berkembang dengan cepat dalam wajah perubahan-perubahan ini adalah sesuatu yang mengikat semua institusi besar dan kecil. Oleh karena itu, pesan Hari Museum Dunia 2012 ini adalah tentang museum-museum  yang sedang tumbuh dan membentuk masa depannya, seperti tentang menunjukkan dan menginterpretasi isu-isu perubahan iklim dan media elektronik baru.
Untuk membantu anda terhubung secara makna dengan tema ini, ada lima topik yang bisa membangun program spesifik anda sebagai berikut:
  • Peran museum dalam masyarakat ‘baru’. Museum menghadapi tantangan unik terkait dengan hal-hal sosial, politik dan lingkungan ekologis. Museum memainkan peran kunci dalam pengembangan melalui pendidikan dan demokratisasi, juga sebagai pelayan saksi di masa lalu dan menjaga harta karun kemanusiaan demi generasi masa depan.
  • Keberlangsungan lingkungan hidup. Museum secara konstan mengembangkan dan memperhalus apa yang museum lakukan untuk membuat minat museum terhadap sumber-sumber lingkungan hidup. Museum menjadi tempat yangbaik untuk advokasi keberlangsungan lingkungan hidup, juga tempat yang baik untuk berlatih advokasi.
  • Menggunakan masa lalu untuk membangun masa depan. Museum menjamin bahwa museum adalah penjaga warisan budaya dunia yang bersifat antargenerasi dan menciptakan jejaring terus-menerus terhadap rasa terima kasih di masa lalu menuju pesan universal.
  • Media Baru. Museum secara cepat belajar menggunakan beberapa peluang komunikasi baru yang berasosiasi dengan media baru dan menunjukkan kemampuan untuk bereaksi dengan rasa hormat.
  • Innovasi. Merespon perubahan sosial dan beradaptasi dengan harapan pengunjung, yaitu museum yang berinnovasi.
translated by agung priyo wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar