Jumat, 14 Desember 2012

Jokowi, Orang yang Paling Trend di Google Indonesia 2012

Jokowi

Sepanjang tahun 2012 ini,  Joko Widodo, yang akrab dipanggil Jokowi, mantan Walikota Solo yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta masuk dalam daftar orang yang paling dicari  di Google Indonesia (kategori Trending People – Indonesian). Setelah Jokowi urutan (2) Ayu Ting Ting; (3) Budi Doremi; (4) Ade Namnung; (5) Eza Gionino; (6) Judika; (7) Sheila Marcia (8) Dahlan Iskan; (9) Valia Rahma dan (10) Cakra Khan. Hal ini bisa kita ketahui dari Google Zeitgeist.

Jokowi memang fenomenal, apapun yang dilakukannya sekarang selalu menjadi berita. Baru kali ini ada seorang pejabat publik yang mengalahkan ketenaran artis dalam mesin pencari Google Search Indonesia. Itu menunjukkan bagaimana masyarakat pengguna internet Indonesia untuk selalu memantau aktivitas Jokowi, ingin tahu lebih dalam terhadap Jokowi siapa sosok sebenarnya sang Gubernur DKI Jakarta itu.

Google Zeitgeist adalah situs google yang menganalisa lebih dari satu triliun kueri (pertanyaan) untuk menunjukkan apa yang telah ditelusuri oleh dunia atau apa yang telah diketikkan oleh orang-orang ke dalam Google Penelurusan ( Google Search). Google menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk Google Trends dan alat data internal, serta memfilter spam maupun kueri yang sama agar daftar yang dibuat mencerminkan tahun 2012 seakurat mungkin. Zeitgeist berasal dari bahasa Jerman yang berarti semangat zaman.


Dalam Google Zeitgeist di bagi dalam beberapa kategori trending: (1) Trending Search; (2) Tredning People (Indonesian); (3) Trending People (Global); (4) Trending Musicians; (5) Trending Indonesian Songs; (6) Most Searched Phones; (7) Most Searched Sports Teams; (8) Trending Car Models; (9) Trending Games; (10) Most Searched Brands; dan (11) Most Searched Airlines.

Kata "Whitney Houston" menempati urutan pertama pada kategori orang global yang paling banyak dicari, "Noah" pada kategori musisi, "Separuh Aku (Noah)" pada kategori lagu Indonesia, dan "iPhone 5" pada kategori ponsel.

Lalu  yang paling dicari untuk kategori tim olahraga adalah "Persib Bandung", "Toyota Agya" pada kategori model mobil, "Angry Bird" pada kategori permainan, dan "Lion Air" pada kategori merek.

Pengguna internet juga bisa melihat apa yang paling dicari oleh masyarakat negara lain dalam Google Search, kita tinggal klik pada pilihan negara di situs Google Zeitgeist.

Kueri "ngetren" (trending) adalah penelusuran yang memiliki jumlah lalu lintas tertinggi selama satu periode terus-menerus pada tahun 2012 dibandingkan tahun 2011. Kueri "paling sering ditelusuri" adalah istilah paling populer selama tahun 2012—dimasukkan peringkat dengan urutan kueri dengan volume penelusuran terbesar.

Data di sini dinormalkan, artinya data mewakili berapa banyak penelusuran tahun ini, yang bersifat relatif terhadap jumlah total penelusuran dari waktu ke waktu. Data tidak mewakili volume penelusuran mutlak, tetapi penelusuran yang disajikan pada skala antara 0-100. Setiap permintaan dibagi dengan titik tertinggi yang dicapai oleh kueri (100). Apabila Google tidak memiliki data/minat yang cukup, yang muncul adalah 0.
Silahkan cek http://www.google.com/zeitgeist/2012/#indonesia
(agung pw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar